Rabu, 06 September 2017

Pengin Deh Kayak Si B



“Enak ya jadi si A.”
“Pengin deh kayak si B.”
Padahal kalau tahu perjuangan A & B di balik layar, belum tentu kita (masih) mau jadi seperti mereka.

Kalimat diatas gw copy paste dari salah akun twitter favorite gw @JennyJusuf
Hmm, ini sebenernya bisa dibilang sambungan dari tulisan gw tahun lalu, yang ini :
 
Pada malam minggu kemarin 3 gadis mandiri yang suka jalan-jalan serta kuliner ngobrol-ngobrol cantik sambil makan disalah satu tempat makan daerah tebet dalam. Ngalor ngidul ceritanya eh kesenggol sama cerita true story temen gw yang baru pulang au pair dari negara Belanda.

Siapa sangka bulan ke-3 berada di Negara Belanda temen gw terpaksa harus mencari family lain untuk tetap melanjutkan impiannya selama kurang lebih 1 tahun di Belanda. Family yang pertama ngalamin yang namanya masalah keluarga. Orang tua dari ayah angkatnya temen gw ini lagi sakit kanker, belum lagi istrinya juga sedang sakit. Family tersebut tidak sanggup untuk memperpanjang menjadi orang tua asuh temen gw ini. Jika hal tersebut terjadi, temen gw kudu cepet-cepet nyari family baru, karena kalau enggak, bakalan terancam di deportasi dianggap warga illegal di Belanda. 

Nah, nyari family baru ini nih awal dari kegalauan diatas rata-rata. Dikasi waktu beberapa minggu untuk dapetin family baru. Proses nyari family baru ini sangat enggak gampang. Agen dari Indonesia maupun yang ada di Belanda enggak se-gercep yang kita bayangkan. Belom lagi ada sandungan soal uang. Kudu bayar ke agen dan sebagianya. Entah apalah itu intinya seperti biasa, birokrasi yang mempersulit. Padahal diperjanjian au pair enggak ada yang namanya kudu bayar ke agen dsb. Selama belum mendapat family baru, temen gw kudu tidur numpang-numpang dari rumah ke rumah. Bisa bayangin gak sih, lu lagi di Negara orang harus berjuang buat makan & tempat tinggal setiap harinya. Uang saku yang dipunya juga udah enggak seberapa karna problem dari family pertama. Lu minta pertolongan dari orang-orang untuk mau “membukakan” pintu nampung sehari s/d dua hari nawarin jasa bantu-bantu jagain anak misalnya yang penting bisa nolongin dapat makan & tempat tinggal. Abis pikir gak sih, pikiran elu dihantui dengan besok gw makan apa ya ? tinggal dimana ya ? Berminggu-minggu lamanya temen gw harus berjuang untuk makan & tempat tinggal. Sampe-sampe kalau dia punya 2 roti dihari itu, enggak dimakan smua. Cukup 1 aja dimakan walaupun sebenernya masih lapar. Tapi karna dia mikirin besok siapa tau gak ada makanan yang bisa dimakan jadinya disimpan buat besok. Gencar nyari family sana sini & bantuan dari orang-orang. Siapa aja di SKSD-in demi dapat family baru biar gak gonta ganti kesana kemari enggak jelas numpang makan & tidur di rumah orang. Belum lagi kalo numpang gonta ganti di rumah orang yang sebelumnya enggak kenal sama sekali, temen gw enggak pernah tahu itu keluarga beneran baik-baik apa penjahat. Bisa aja kan ketemu sama orang yang mafia perdagangan manusia. Tapi Tuhan sangat baik, temen gw slalu dilindungi dengan ngasi tumpangan ke orang-orang yang bukan penjahat.

Perjuangan cari family baru dengan banyak cobaan, tantangan, tetesan air mata apalagi doa. Mana pas kejadian ini lagi musim autumn, pas jalan saat keadaan bener-bener patah daun-daun kecoklatan pada jatuh berguguran, makin melengkapi drama kehidupan teman gw pada saat itu. Temen gw mikir: “ya ampun kok gw sampai segininya ya ngalamin makan sama tidur aja susah. Apa sih yang gw cari di benua Eropa ini. Pengorbanannya ninggalin kerjaan gw di Jakarta yang udah jelas nyaman. Belum lagi gw ninggalin jauh keluarga gw, temen-temen gw, kehidupan gw slama ini hanya untuk seperti ini di negri orang.” Tapi gw bangga sama temen gw ini, walaupun semangatnya sempat down akhirnya mau bangkit lagi. Dia tetap mau berjuang sampai tetes darah penghabisan. Sampai kesempatan sisa waktu untuk nyari family baru berakhir, kalau memang Tuhan masih mau dia di Belanda pasti ada jalannya. Jika enggak sampai akhirnya kudu balik ke Indonesia yaudah baliklah. Enggak usah mikirin apa omongan orang yang di Indo jika balik belum genap waktu 1 tahun ternyata harus dipulangkan. Yang penting sudah berusaha benar-benar sampai usaha yang ‘tertinggi’. Kalau pulang pun, ada kepuasan batin udah usaha maksimal. 

Lanjut proses pencarian family baru. Saking temen gw udah enggak megang uang lagi, dia kasi note kalau ada family mau interview bersedia hanya menggunakan skype. Kalau memang harus datang langsung, calon family tsb harus menyediakan uang transport pulang pergi dan itu harus dia terima dulu baru bisa pergi interview langsung. Ya kan enggak mungkin juga udah numpang makan & tidur tempat orang lain, harus minta uang saku buat interview juga. Nah, seperti biasa kayak nyari kerja ada yang udah cocok tinggal masuk aja, ada-ada aja hal bikin enggak jadi. Entah itu dari pihak calon family baru yang batalin atau pihak agen yang minta bayaran semacam registrasi yang harusnya enggak. 

Singkat cerita dimana tinggal 2 hari lagi sisa waktu untuk dapetin family baru. Sebenernya keluarga ini bukan keluarga yang kaya raya & pokoknya enggak masuk standar untuk au pair. Tapi karna family ini mau nolongin temen gw & temen gw juga mau nolongin family tsb untuk jadi kakak angkat anaknya, jadinya yang seharusnya temen gw di deportasi H-2 hal itu enggak terjadi. Pada saat itu ditelponin, jika setuju temen gw ini langsung dijemput. Akhirnya jawaban doa dari temen gw lanjut au pair sampai waktu yang seperti ditentukan diawal. Walaupun harus mulai kursus bahasa Belanda dari awal lagi, smuanya mulai dari nol lagi. Puji Tuhan jalannya memang sudah harus begitu untuk melanjutkan impian didepan mata ya harus begitulah adanya. Terbayarkan waktu akhir tahun temen gw bisa jalan ke-4 negara. Termasuk dia mengunjungi menara impian gw yaitu menara eiffel. Enggak nyangka temen gw buat video khusus buat gw kata-katanya yang gw inget sampai saat ini: “Helo Riu boru Sinaga, tetap bermimpi, tiada yang tak mungkin, selama kita Berdoa & Berusaha. Sekarang dapat salam dulu ya darimana ? yeay dari Eiffel”. Sekarang gw baru tahu, perjuangan temen gw pada saat itu. Kalau diliat dari postingan poto-potonya atau videonya pasti ngiler yakan. Hahaha. Enggak tahu aja elu pada sakit, jatuh bangun & pengorbanannya itu gimana. Dibalik layarnya itu loh yang enggak enak. Kalau diceritain kayak gini memang pasti enggak ada apa-apanya. Coba kalau ngalamin sendiri. Mungkin yang jadi anak rantau udah paham gimana rasanya. Ini lebih lagi berkali-kali lipat karna merantaunya bukan antar pulau Indonesia tapi antar negara. Yang pake pesawat aja butuh belasan jam apalagi pake getek. 

Karna hal ini, setiap temen gw kalo berdoa enggak lepas dari kalimat: “makasi ya Tuhan untuk makan dan minum. Makasi ya Tuhan untuk tempat tinggal aku masih bisa tidur dengan aman.” Itu-itu terus yang diulang-ulang. Bikin hati gw pilu denger ceritanya. Biasanya hal sederhana kayak gitu kita yang tinggal di Indonesia yang punya kerjaan susah ya bersyukur makan, minum, tempat tidur. Hal terlihat sepele, tapi sebenernya enggak sepele. Berkat Tuhan yang luar biasa kadang sehari-hari bisa enggak kita minta dalam doa, tapi Tuhan udah sediakan duluan. 

Pada akhirnya ketika temen gw udah berhasil melewati asam garam kehidupan di Belanda, udah lulus kursus bahasa Belanda, udah dapat “temen jadi demen” juga alias biasa yang disebut pacar. Jika ditanya ke temen gw, bagaimana kisah kehidupan au pair. Apakah sesuai dengan ekspektasi ? kalau diukur hanya dari terwujud impian, lulus kursus dll mungkin tidak terlalu sebanding. Tetapi jika dilihat dari si pacar ini, maybe itu bisa dinilai sebanding. Seperti jawaban “untuk apa sih gw ke benua Eropa sampai segitunya”. Oh ternyata untuk ketemu dengan “si dia” ini. Kalau di flashback ke artikel sebelum ini, hanya ada satu hal yang bisa menghalangi temen gw untuk au pair yaitu jodoh dari Tuhan. Yaiyalah, gw sama temen gw ini memang sama-sama jenis wanita mandiri seakan-akan terlihat kasat mata orang-orang kehidupan sangat santai dengan status single woman. Seakan-akan enggak butuh pria gentleman untuk dijadikan partner hidup. Padahal mah dari hati yang paling dalam, pergumulan terbesar menjadi single woman bukan impian-impian keliling dunia, karir menanjak atau sekedar pendidikan tinggi tapi soal pasangan hidup (yaelah bang bikin susah neng aje xD). Menemukan pria yang punya prinsip “jadiin rusuk bukan jadikan rusak” jaman gini susah-susah gampang. Memang sih kalau jodoh enggak kemana, tapi pertanyaannya yang selalu dan selalu ‘jodoh ada dimana?’ biar tahu harus kemana :D 

Memang sih udah punya pacar gini seperti yang sebelumnya pergumulannya tetep apakah direstui semesta kejenjang pernikahan. PDKT trus pacaran mah udah jadi makanan sehari-hari anak muda yang single. Tapi kejenjang pernikahannya ini yang masih jadi pergumulan temen gw juga. Apapun yang terjadi gw yakin dan percaya enggak ada hasil yang mengkhianati usaha selama kita yakin jadi pemenangnya. Slalu sertai Tuhan dalam setiap perjalanan hidup kita.

--------------------------------------
Keterangan:

Au Pair : istilah Au Pair itu berasal dari bahasa Perancis guys, yang artinya “on a pair” atau equal atau sejajar atau bisa juga diartikan sebagai balas jasa. Ketika menjadi Au Pair, maka kamu akan menjadi asisten domestic dari negara asing yang bekerja dan tinggal dengan keluarga angkat (host family)  sebagai bagian dari keluarga mereka. Kamu juga ikut serta dalam tanggung jawab keluarga angkat kamu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar